1/04/2007

Alhamdulillah. 2006 Ku lalui dengan sempurna…

26 Desember. My defense berjalan dengan sempurna. Alhamdulillah. Perjalanan selama di Yogya ditutup dengan kenangan manis. Manis banget..

Proses penyusunan tesis yang melelahkan.

Proposal. Disaat-saat mengajukan proposal, down sedikit.. Pa’ MK said, Your proposal standard dan MEP banget.. huhh.. harapan beliau I can make more better.. prinsipku, buat yang sederhana dulu, but kalo Dosen minta ‘yang lebih’ aku gak akan menolak.. 2x bimbingan jadilah proposal. Luar biasa.

Seminar Riset. No problem. Moderator bertanya, Kenapa harus milih Pa’ MK, apakah sudah siap dengan resiko yang akan terjadi? Aku hanya terdiam. But sure. Aku yakin karena Aku bisa. Ketika melihat Tema tesis, lanjut beliau This is Like Disertasi on Doctoral. Surprise…

On Proses. Penuh dengan Perjuangan. Kelelahan. Kesabaran. Pujian. Koreksian. Sesekali Kritik tajam.

Pendadaran berjalan cukup a lot. Hampir 1 setengah jam. Huhh.. luar biasa. Tetapi sedikit pun tidak ada keraguan dan kegugupan selama proses. Debat berjalan dengan baik. Modalnya adalah aku siap. Aku percaya diri. Aku yakin tulisan ku. Dan yang penting, aku yakin Kapabilitas Dosenku.

Yang membuat aku puas, bukan pada nilai tetapi penghargaan setelah selesai ujian. Pa’ MK said, Tesis ku akan dimasukin beliau ke Jurnal Ekonomi. How Lucky I’am. Sekali merengkuh dayung 4 pulau terlampaui.

Perjuangan tak akan pernah sia-sia. Tergantung sejauhmana keteguhan dan kesabaran menunggu hasil yang akan dicapai….

No comments: