9/28/2008

SELAMAT DATANG PEMILU 2009 DAN SELAMAT DATANG KEPADA PARTAI POLITIK BARU DI KABUPATEN DAIRI

Dalam rangka pembangunan politik yang demokratis berkelanjutan, mewujudkan multipartai sederhana untuk memperkuat efektifitas pemerintahan baik di tingkat pusat maupun daerah serta peningkatan efektivitas penyelenggaraan Pemilu dan Pilpres. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan pemahamaan terhadap peraturan perundang-undangan mengenai Partai Politik dan Pemilihan Umum.

Dalam konteks tersebut penyelenggaraan kegiatan Seminar dan Sosialisasi ini menjadi sangat penting. Penyelenggaraan kegiatan bertujuan agar Masyarakat (Partai Politik, Penyelenggara Pemilu, Pemerintah) dapat lebih memahami Landasan Filosofis dari Penyusunan dan Penyelempurnaan Sistem Politik di Indonesia, meliputi :
  1. Pembangunan politik yang demokratis berkelanjutan dan pengelolaan proses politik yang demokratis dalam kerangka penegakan hukum yg semakin baik.
  2. Perwujudan multipartai sederhana untuk memperkuat efektivitas pemerintahan presidensiil.
  3. Peningkatan efektivitas MPR, DPR dan DPD sesuai fungsinya berdasarkan UUD 1945.
  4. Peningkatan efektivitas partai politik sebagai instrumen demokrasi dan peningkatan efektivitas penyelenggaraan Pemilu dan Pilpres.

Kegiatan Seminar dan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan mengenai Partai Politik dan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD Tahun 2008 dilaksanakan pada Senin, 04 Agustus 2008. Bertempat di Gedung Balai Budaya Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Kegiatan ini menghadirkan Bapak Drs Robert Simbolon, MPA (Sekretaris Bawaslu RI) sebagai pembicara utama. Dengan peserta 200 orang terdiri dari 33 Partai Politik yang terdaftar pada Pemerintah Kabupaten Dairi (Bagian Tata Pemerintahan Setda Kab. Dairi).

Partai Politik yang diundang terdiri dari 16 Partai politik peserta Pemilu 2004 dan 17 Partai Politik baru, Para Camat se-Kabupaten Dairi, KPU dan Panwaslih Kab. Dairi serta Ormas.

Regards,
Irwansyah Panjaitan, S.STP, M.Si
(Penggagas Ide & Koordinator Pelaksana)

No comments: