9/28/2008

ADU KREATIFITAS DAN PENTAS SENI ANTAR PELAJAR SLTP/SLTA SE-DAIRI DALAM RANGKA PENINGKATAN WAWASAN KEBANGSAAN

Unsur pokok wawasan kebangsaan adalah komitmen yang menjunjung tinggi hak dan kewajiban setiap warga negara, ditetapkan melalui proses politik yang konstitusional dan dilaksanakan dengan konsekuensi hukum yang tinggi. Konsepsi untuk memantapkan wawasan kebangsaan meliputi tiga dimensi pembinaan, yakni rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan.
Rasa kebangsaan merupakan kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang tumbuh secara alamiah karena adanya kesamaan budaya, sejarah dan aspirasi perjuangan masa lampau dan masa kini. Rasa kebangsaan sangat erat kaitannya dengan sikap anak bangsa terhadap tanah airnya yang dipandang sebagai tumpah darahnya, sebagai identitas kebangsaannya dan sebagai representasi negara bangsanya.
Mental kebangsaan memuat nilai-nilai manusiawi yaitu peduli terhadap masa depan bangsa dan mencintai generasi penerus bangsa. Setiap anak bangsa harus bertanggung jawab terhadap masa depan bangsanya. Intelektual kebangsaan menghadirkan kreasi untuk memikirkan dan menemukan solusi terhadap berbagai permasalahan bangsa serta selalu berpikir jernih dan berpikir pembaharuan yang berorientasi pada nasionalisme.
Disadari bahwa ikatan-ikatan dan nilai-nilai kebangsaan Indonesia saat ini cenderung mengendur, karena demokrasi diartikan sebagai the right of self determination, atau bebas menentukan nasib sendiri, sehingga bermuatan perilaku, sikap, idealisme dan kepentingan fragmental di luar koridor kepentingan nasional.
Memperhatikan hal-hal tersebut, maka jelaslah bahwa kegiatan peningkatan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air di kalangan masyarakat sangat diperlukan dan harus diupayakan dengan melibatkan semua komponen bangsa, utamanya pemuda/pelajar, Organisasi Masyarakat dalam dan lainnya sehingga terhindar dari keterpurukan yang semakin dalam.

Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan Lomba Cipta dan Pagelaran Seni dalam rangka meningkatkan Pemahaman Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air di kalangan pelajar di Kabupaten Dairi dilaksanakan 2 (dua) tahap :
  1. Acara Penyisihan Lomba dilaksanakan pada tanggal 8 s.d. 9 oktober 2007 di Balai Budaya Sidikalang.
  2. Acara Puncak dan Grand Final dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2007 di Gedung Olah Raga Sidikalang.
Adapun kegiatan yang diperlombakan dan dipertunjukkan dengan rincian jumlah peserta :
  1. Lomba Cipta dan Baca Puisi : 131 orang
  2. Pelafalan Pembukaan UUD 1945 : 105 orang
  3. Pidato : 65 orang
  4. Pagelaran Seni (Tari Daerah & Dance, Marching Band, Band Pelajar, dan Vocal Group) : 8 SLTP/SLTA ditambah Sanggar Liebe dan lainnya.
Masing-masing lomba akan diberikan hadiah dan penghargaan, yaitu Uang Pembinaan,Piala dari Pemerintah Kabupaten Dairi, Piagam Penghargaan.
    Acara Dibuka oleh Bapak Wakil Bupati Dairi dan dihadiri oleh Dandim 0206 Dairi, Wakapolres Dairi, Asisten Tata Praja, Kadis Pendidikan, Seluruh Kepala Sekolah dan tidak kurang 1200 orang Hadirin.


    Terima Kasih untuk antusias para peserta.
    Sampai jumpa tahun depan.
    Semoga kegiatan ini bermaanfaat.

    Regards,

    Irwansyah Panjaitan, S.STP, M.Si
    (Penggagas Ide & Koordinator Kegiatan)

    No comments: